Hadir Forum Rektor Indonesia, Mahfud MD Ingatkan Perguruan Tinggi Mesti Perkuat Demokrasi

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD, menyampaikan materi bertajuk Peran Strategis Pembangunan Demokrasi Hukum dan Keamanan untuk Indonesia Maju Sejahtera dan Berkeadilan. hal itu disampaikan dalam Forum Rektor Indonesia.

“Topik ini sangat relevan untuk saat ini dan bahkan untuk selama Indonesia ada,” ujar Mahfud dikutip dari laman unair.ac.id, Senin, 31 Oktober 2022.

Guru Besar Universitas Islam Indonesia itu berpendapat Indonesia perlu menyiapkan pembangunan demokrasi yang bagus dan sistem hukum yang sehat. Dia mengatakan demokrasi di Indonesia juga tidak perlu lagi dipertanyakan relevansinya.

“Demokrasi tidak perlu diperdebatkan. Pokoknya kita pakai demokrasi. Demokrasi sudah teruji,” ujar dia.

Hal itu menyusul banyaknya pihak yang ingin mengganti bentuk negara Indonesia. Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu menentang pihak-pihak yang ingin mengganti Pancasila sebagai dasar negara.

“Saya pasti menolak secara terbuka kalau Pancasila ini mau diganti,” kata Mahfud.

Mahfud MD lebih setuju dibentuk komunitas-komunitas Islam di masyarakat dan lingkungan kampus ketimbang negara Islam. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya masjid, termasuk di lingkungan Universitas Airlangga.

“Di setiap fakultas, kan, ada masjid,” tutur dia.

Mahfud mengatakan Pancasila, demokrasi, dan bentuk negara Indonesia merupakan ijtihad oleh tokoh-tokoh kemerdekaan Indonesia. “Bung Karno itu santri juga,” tutur Mahfud.

Mahfud berpesan untuk hati-hati dalam memilih pemimpin. Jangan sampai pemimpin yang dipilih mengganti demokrasi Indonesia. “Tahun depan kita pemilu. Cari presiden yang benar,” ujar dia.

Berkaca pada peristiwa 1998, Mahfud juga mengajak sivitas akademika terus berdemokrasi. Mereka juga berperan mereformasi demokrasi bila dirasa perlu.

“Mari kita berdemokrasi. (jika) demokrasinya sudah rusak, maka kita orang kampus turut reformasi,” tutur dia.

Mahfud juga berpesan agar masyarakat Indonesia bisa bersama-sama membangun demokrasi yang sehat. Demokrasi, kata dia, adalah pilihan terbaik bagi Indonesia.

“Demokrasi adalah jalan terbaik di antara pilihan-pilihan lain. Mari kita bangun demokrasi yang sehat,” kata dia.

Sumber:

https://www.medcom.id/
Scroll to top